Pondok Ramadhan

Pondok Ramadhan Merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada waktu bulan puasa yang berisi dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan seperti, buka bersama, pengkajian, sholat tarawih berjama’ah, tadarus Al-Qur’an dan pendalamannya, dan lain sebagainya. Jelasnya, kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan intensif yang dilakukan dalam jangka tertentu yang diikuti secara penuh oleh peserta didik selama 24 jam atau sebagian waktu saja dengan maksud melatih mereka untuk menghidupkan hari-hari dan malam-malam bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan ibadah. Yang pasti bahwa kegiatan yang dijalankan disini ada mencontoh apa yang dilakukan di pesantren-pesantren pada umumnya baik yang salaf mapun yang modern.

Tujuan dan Terget

Kegiatan Pondok Ramadhan ini mempunyai tujuan ;

1. Memberi pemahaman secara menyeluruh tentang pentingnya membiasakan dibulan Ramadhan dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif (ibadah)

2. Meningkatkan amal ibadah peserta didik dan guru atau yang lainnya pada bulan Ramadhan. Dalam membentuk kepribadian peserta didik baik sacera rohani maupun jasmani dengan melakukan kegiatan keagamaan pada saat beribadah puasa dan amal-amal ibadah lainnya yang di kerjakan.

3. Memberikan pemahaman kepada para peserta didik tentang ajaran agama dan bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengisi waktu luang dengan lebih memakai dan memperdalam iman dan takwa.

 

Salah satu pemahaman lain tentang Pondok Ramadhan yaitu suatu kegiatan sekolah yang bersifat intra kurikuler, kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada bulan puasa (Ramadhan), Adapun pondok ramdhan itu sendiri tersusun dari dua kata yakni; Pondok dan Ramadhan.

Karel A. Steenbrink berpendapat bahwa asal usul istilah pondok berasal dari bahasa Arab “Funduq” yang berarti pesanggrahan atau penginapan bagi orang yang bepergian. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata pondok memiliki arti madrasah dan asrama (tempat mengaji; belajar agama), seperti pondok modern Gontor.

Adapun yang berkenaan dengan Ramadhan,  bahwa Ramadhan berasal dari asal kata bahasa Arab “ramadha-yarmudhu-ramadhan” yang artinya panas membakar. Orang Arab dahulu ketika memindahkan nama-nama bulan dari bahasa lama ke bahasa Arab, mereka menamakan bulan itu menurut masa yang dilaluinya.

Dengan demikian istilah Pondok Ramadhan mengandung arti suatu rangkaian kegiatan pembelajaran agama secara totalitas (adanya penginapan/pemondokan selama satu hari atau lebih) yang dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan dalam rangka mempersiapkan anak didiknya untuk menjadi generasi yang memiliki kedalaman spiritual dan berkepribadian Islami yang dilakukan di bulan Ramadhan.