PELAKSANAAN ANBK 2022

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK 2022 merupakan program penilaian mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah.

ANBK adalah pengganti ujian nasional (UNBK) yang ditiadakan sejak tahun 2019, sehingga ANBK tidak bisa dilakukan secara sembarangan walaupun penilaian ANBK tidak lagi sebagai penentu kelulusan peserta didik namun lebih kepada Pemetaan Mutu. Oleh karena itu ANBK tidak diikuti oleh keseluruhan peserta didik namun hanya sebagian saja yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud.

Di SDN 2 Rajekwesi, ANBK dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober – 25 Oktober 2022. Pelaksanaan terdiri dari 2 sesi yaitu sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 – 09.30 dan sesi kedua dimulai dari pukul 10.30 – 12.40. sebelum pelaksanaan sekolah sudah terlebih dahulu melakukan sinkronisasi dan simulasi sehingga kegiatan pelaksanaan diharapkan dapat berlangsung dengan lancar tanpa gangguan.

Materi yang diujikan pada ANBK adalah kemampuan Literasi dan Numerasi serta diakhir pelaksanaan peserta didik diminta untuk mengisi survey lingkungan belajar. Meskipun Kami (SDN 2 Rajekwesi ) statusnya menumpang,tetapi pelaksanaan ANBK berjalan dengan Sukses.

Pelaksanaan ANBK  diikuti oleh 20 peserta didik yang berada dikelas V.